Me In Class |
SILABUS
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Satuan Pendidikan :
SMPN 4 SAMPIT
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
KI 1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, Percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, procedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
KI 4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (Menggunakan, mengurai, merangkai, memodifiakasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (Menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang / teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan
waktu dengan segala perubahannya.
1.2
Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku
sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
1.3
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan manusia dan lingkungan-nya.
|
|
Pembelajaran KI 1 dan
KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3
dan KI 4
|
Penilaian KI 1 dan KI
2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh
peserta didik, dan jurnal
|
|
|
2.1 Menunjuk-kan perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, terbuka dan kritis terhadap
permasalahan sosial sederhana.
2.3 Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai Perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman
sebaya.
|
|
|
|
|
|
Tema
I : Keadaan Alam Dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Subtema A :
Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia
|
|||||
3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan
manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
4.1
Menyajikan
hasil pengamatan tentang
hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara,
masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
4.2
Menghasilkan gagasan kreatif
untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik
di lingkungan masyarakat sekitar
|
§ Letak wilayah dan pengaruh nya bagi keadaan alam Indonesia
|
Mengamati:
§
Mengamati peta letak astronomis dan geografis Indonesia.
Menanya
§ Merumuskan pertanyaan tentang letak astronomis dan geografis Indonesia
Mengumpulkan informasi
§ Mengumpulkan informasi untuk menjawab
pertanyaan tentang letak astronomis dan geografis.
Menalar / Mengasosiasikan:
§
Menganalisis keterkaitan antara
letak astronomis dan geografis dengan musim dan hubungan dengan negara lain
Mengomunikasikan:
§
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang kehidupan manusia pada masa praaksara
§
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha
§
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang keterkaitan antara daerah hulu dan daerah hilir dalam konteks
peristiwa banjir
|
Sikap :
§ Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap
sosial (tanggung jawab, disiplin dan kerjasama) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan Tes Tertulis/Lisan tentang : letak astronomis dan geografis
Indonesia
Keterampilan :
§ Unjuk Kerja/Praktik
Menilai proses
pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi :
data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan/presentasi)
|
4 JP
|
§
Peta
Letak astronomis dan geografis Indonesia
§
Atlas
Indonesia
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/Mts kls VII BSE
§
Ensrklopedia Geografi
§
Buku-buku
dan referensi lain yang relevan
§
Media
cetak/elektronik
§
Lingkungan
sekitar
§
Internet
|
Tema I : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Subtema B : Keadaan Alam Indonesia
|
|||||
3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan
manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).
4.1
Menyajikan
hasil pengamatan tentang
hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara,
masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
4.2
Menghasilkan gagasan kreatif
untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik
di lingkungan masyarakat sekitar
|
§ Keadaan Iklim di Indonesia
§ Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk Indonesia
§ Keragaman flora dan fauna di Indonesia
|
Mengamati:
§
Mengamati suhu udara di suatu
tempat yang terjadi sampai siang hari
§
Mengamati peta fisiografis
Indonesia, peta sebaran gunung berapi, gambara bencana alam
§
Mengamati keragaman flora dan
fauna
Menanyakan:
§ Merumuskan pertanyaan tentang suhu udara terendah dan suhu udara
tertinggi
§ Merumuskan pertanyaan tentang kondisi fisiografis di daerahnya, bencana
alam yang terjadi di Indonesia, dan gunung berapi yang ada di Indonesia.
§ Merumuskan pertanyaan tentang keragaman flora dan fauna di Indonesia
Mengumpulkan informasi:
§
Mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber tentang wilayah Indonesia dikaitkan dengan keadaan iklim
§
Mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber tentang bentuk muka bumi di Indonesia
§
Mengumpulkan informasi tentang
bentuk muka bumi di Indonesia dan sebaran flora dan fauna dari berbagai
sumber
Menalar / Mengasosiasi:
§ Mengalisis keterkaitan antara keadaan iklim dengan suhu udara
§ Menganalisis bentuk muka bumi dan kaitannya dengan aktivitas penduduk
§ Menganalisis keragaman flora dan fauna di Indonesia
Mengomunikasikan
§
Mempresentasikan hasil simpulan tentang keadaan iklim di Indonesia
§
Mempresentasikan hasil analisis data tentang bentuk muka bumi dan
aktivitas penduduk Indonesia.
§
Mempresentasikan hasil simpulan tentang flora dan
fauna di Indonesia
|
Sikap :
Observasi tentang sikap sporitual (mengahayati karunia Tuhan), sikap
sosial (tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama dengan menggunakan rubrik
Pengetahuan :
§
Tes Tertulis/ Lisan tentang iklim
di Indonesia, bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indnesia, keragaman
flora dan fauna di Indonesia.
Keterampilan :
§ Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik
dalam dalam proses.
Eksplorasi :
Data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi.
|
16 jp
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS
untuk SMP / Mts kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak / elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema I : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
§ Subtema C : Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia pada masa Praaksara,
Hindu, Buddha, dan Islam
|
|||||
3.2 Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa Praakasara, masa Hindu Buddha
dan masa Islam dalam aspek geografis,
ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
4.1.Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan
dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha dan masa
Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup
dalam masyarakat sekarang.
|
§
Kehidupan Masyarakat pada Masa Praaksara
§
Kehidupan Masyarakat pada Masa
Hindu Buddha
§
Kehidupan Masyarakat pada Masa
Islam
§
Konektivitas antarruang dan waktu
|
Mengamati:
§
Mengamati peta sejarah
§
Mengamati gambar kehidupan manusia Praaksara
§
Mengamati gambar kehidupan manusia pada masa Hindu
Buddha
§
Mengamati gambar kehidupan manusia pada masa Islam
§
Mengamati gambar/video tentang hutan yang gundul di
daerah hulu, hujan deras di daerah hilir dan hulu.
Membuang sampah di sembarang tempat di daerah hilir,
sungai meluap, dan banjir besar melanda daerah hilir
Menanya:
§
Merumuskan pertanyaan tentang
kehidupan manusia pada masa Praaksara
§
Merumuskan pertanyaan tentang
kehidupan manusia pada masa Hindu Budha dan hasil budayanya
§
Merumuskan pertanyaan tentang
kehidupan manusia pada masa Islam dan hasil budayanya
§
Merumuskan pertanyaan tentang
hutan gundul di daerah hulu, hujan deras di daerah hilir dan hulu, membuang
sampah disembarang tempat di daerah hiir, sungai meluap, dan banjir besar
melanda daerah hilir.
Mengumpulkan:
§ Mengumpulkan inforamsi tentang kehidupan manusia pada masa praaksara
dari berbagai referensi.
§ Mengumpulan informasi tentang kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha
dari berbagai sumber
§ Mengumpulkan informasi tentang kehidupan manusia pada masa Islam dari
berbagai sumber
§ Mengumpulkan informasi tentang konektivitas antarruang dan waktu serta
pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dari berbagai sumber
Menalar / Mengasosiasi:
§
Menganalisis
dan menyimpulkan kehidupan manusia praaksara dilihat dari
aspek geografis, ekonomis, dan sosial budaya
§
Menganalisis dan menyimpulkan
kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha dilihat dari aspek geografis,
ekonomis, dan sosial budaya
§
Menganalisis dan menyimpulkan
kehidupan manusia pada manusia pada masa Islam dilihat dari aspek geografis,
ekonomis, dan sosial budaya.
§
Menganalisis dan menyimpulkan
keterkaitan antara daerah hulu dan daerah hilir dalam konteks peristiwa
banjir
Mengomunikasikan:
§ Mempresentasikan hasil simpulan tentang kehidupan manusia pada masa
praaksara
§ Mempresentasikan hasil simpulan tentang kehidupan manusia pada masa
Islam
§ Mempresentasikan hasil simpulan tantang keterkaitan antara daerah hulu
dan daeah hilir dalam kontesk peristiwa banjir
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, disiplin, dan
kerjasama) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
Ø Ter Tertulis/Lisan tentang kehidupan masyarakat masa praaksara, Hindu
Buddha, Islam, dan konektivitas antarruang dan waktu
Ø Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
12 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema II : Keadaan
Penduduk Indonesia
Subtema A : Asal Usul
Penduduk Indonesia
|
|||||
3.1 Memahami aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi, dan politik dalam masyarakat
4.1
Menyajikan
hasil pengamatan tentang
hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara,
masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
4.2
Menghasilkan gagasan kreatif
untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politk dil
lingkungan masyarakat sekitar
|
§
Asal Usul Penduduk Indonesia
|
Mengamati :
§
Mengamati Peta
perjalanan
nenek moyang Indonesia
Menanya :
§ Merumuskan pertanyaan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia
dan ras dari penduduk
Mengumpulkan Informasi:
§ Mengumpulkan informasi tentang asal usul nenek moyang Indonesia dari
berbagai referensi
Menalar/Mengasosiasi:
§
Menganalisis informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber tentang asal usul nenek moyang bangsa
Indonesia
Mengomunikasikan:
§
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang asal usul nenek moyang bangasa
Indnesia.
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati karunia Tuhan,menghayati ajaran agama), sikap sosial (tanggung
jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia
§ Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
4 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema II : Keadaan
Penduudk Indonsia
Subtema B :
Karakteristik Penduduk Indonesia
|
|||||
3.1 Memahami aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi, dan politik dalam masyarakat
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil
kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha
dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih
hidup dalam masyarakat sekarang.
4.2
Menghasilkan gagasan kreatif
untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politk dil
lingkungan masyarakat sekitar
|
§ Jumlah dan Kepadatan Penduduk Indonesia
§ Komposisi Penduduk
|
Mengamati :
§
Mengamati gambar-gambar tentang jumlah
penduduk dan luas wilayah masing-masing provinsi di Indonesia
§
Mengamati tabel tentang pendidikan, agama, bidang
usaha penduduk Indonsia
Menanya :
§ Menanya tentang jumlah penduduk yang terpadat atau yang terjarang di
Indonesia
§ Menanya tentang pendidikan rata-rata dari tabel data pendidikan, agama
yang dianut di daerahnya, bidang usaha yang banyak dilakukan, dan wilyah desa
dan kota
Mengumpulkan Informasi:
§ Mengumpulkan informasi tentang keadaan penduduk di Indonesia
§ Mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber tentang keadaan
penduduk di suatu wilayah
Menalar/Mengasosiasi:
§
Menganalisis dan menyimpulkan
tentang keadaan penduduk Indonesia dilihat dari jumlah dan kepadatannya.
§
Menganalisis dan menyimpulkan
tentang penduduk Indonesia dilihat dari komposisinya melalui kegitan curah
pendapat.
Mengomunikasikan:
§
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang keadaan penduduk di Indonesia
§
Mempresentasikan hasil analisis
data tentang keadaan penduduk Indonesia dilihat dari komposisinya
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang kepadatan dan komposisi penduduk Indonesia
§ Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
14 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema II : Keadaan
Penduduk Indonesia
Subtema C : Mobilitas
Penduduk Antarwilayah di Indonesia dan Fasilitas Pendukungnya
|
|||||
3.1 Memahami aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi, dan politik dalam masyarakat
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil
kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha
dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih
hidup dalam masyarakat sekarang.
4.2
Menghasilkan gagasan kreatif
untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politk dil
lingkungan masyarakat sekitar
|
§ Mobilitas Penduduk Antarwilayah Indonesia
§ Fasilitas Pendukung terjadinya Mobilitas penduduk Indonesia
|
Mengamati :
§
Mengamati gambar-gambar tentang
kegiatan ekonomi di kota dan pemukiman penduduk di desa
Menanya :
§ Menanya faktor penyebab terjadinya mobilitas penduduk dari desa ke kota,
cara melakukan mobilitas, dan tujuan dari mobilitas
Mengumpulkan Informasi:
§ Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya
Menalar/Mengasosiasi:
§
Menganalisis dan menyimpulkan
tentang mobilitas penduduk dan
fasilitas pendukungnya
Mengomunikasikan:
§
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang mobilitas penduduk dan fasilitas
pendukungnya
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab,
rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas
pendukungnya.
§ Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
8 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema II : Keadaan
Penduduk Indonesia
Subtema D :
Pengertian dan Jenis Lembaga Sosial
|
|||||
3.1 Memahami aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi, dan politik dalam masyarakat
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil
kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha
dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih
hidup dalam masyarakat sekarang.
4.2
Menghasilkan gagasan kreatif
untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politk dil
lingkungan masyarakat sekitar
|
§ Lembaga Sosial dan jenis-jenisnya
|
Mengamati :
§
Mengamati gambar-gambar tentang aktivitas
penduduk dalam memenuhi kebutuhan, gambar partai politik, kegitan ekonomi,
lembaga pendidikan, dan keluarga
Menanya :
§ Menanya tentang pengertian lembaga sosial dan jenis-jenisnya
Mengumpulkan Informasi:
§ Mengumpulkan data/ informasi dari berbagai sumber tentang jenis lembaga
sosial
Menalar/Mengasosiasi:
§
Menganalisis dan menyimpulkan lembaga
sosial dan perannya bagi masyarakat
Mengomunikasikan:
§
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang Jenis-jenis lembaga sosial dan
perannya bagi masyarakat
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas
pendukungnya.
§ Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
10 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema III : Potensi
dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Subtema A :
Pengertian dan Pengelompokkan Sumber Daya Alam
|
|||||
3.1 Memahami aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil
kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha
dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih
hidup dalam masyarakat sekarang.
|
§ Pengertian dan Pengelompokkan sumber daya alam
|
Mengamati :
§
Mengamati gambar pemandangan alam
salam satu daerah di Indonesia
Menanya :
§ Menanya tentang ketersediaan
sumber daya alam yang ada
Mengumpulkan Informasi:
§ Mengumpulkan data/ informasi dari berbagai sumber tentang jenis lembaga sosial
Menalar/Mengasosiasi:
§
Menganalisis dan menyimpulkan tentang
potensi sumber daya alam daerah masing-masing dan manfaatnya bagi kehidupan
ekonomi, sosial, dan budaya
Mengomunikasikan:
§
Mempresentasikan
hasil analisis data tentang potensi sumber daya alam dan
manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang Pengertian dan pengelompokkan sumber daya
alam.
§ Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
8 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema III : Potensi
dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Subtema B : Potensi
dan sebaran sumber daya alam Indonesia
|
|||||
3.1 Memahami aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil
kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha
dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih
hidup dalam masyarakat sekarang.
|
§ Potensi sumber daya udara
§ Potensi Sumber daya tanah
§ Potensi Sumber daya air
§ Potensi Sumber daya hutan
§ Potensi Sumber daya tambang
§ Potensi dan sebaran Sumber daya laut
|
Mengamati :
§
Mengamati suhu udara
§
Mengamati peta sebaran tanah
§
Mengamati peta sebaran sungai dan danau
§
Mengamati potensi hutan yang ada di daerah
masing-masing
§
Mengamati sumber daya laut
Menanya :
§ Menanya tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan
sebaran sumber daya laut
Mengumpulkan Informasi:
§ Mengumpulkan informasi tentang
sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah
setempat
Menalar/Mengasosiasi:
§ Menganalisis dan menyimpulkan tentang sumber daya udara, tanah, air,
hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah setempat
Mengomunikasikan:
§ Mempresentasikan hasil simpulan tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan
sumber daya laut di daerah setempat
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
§ Tes Tertulis/Lisan tentang potensi sumber daya udara, tanah, air, hutan,
tambang dan sumber daya laut di daerah setempat
§ Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
18 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema III : Potensi
dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Subtema C : Kegiatan
ekonomi dan pemanfaatan potensi sumber daya alam
|
|||||
3.1 Memahami aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan
politik).
4.1 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hasil
kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha
dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih
hidup dalam masyarakat sekarang.
|
§ Kegitan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi)
§ Pemanfaatan sumber daya alam
|
Mengamati :
§
Mengamati gambar tentang aktivitas
penduduk dalam kegiatan ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan,
perikanan, pertambangan, kehutanan
Menanya :
§
Menanya tentang aktivitas penduduk
dalam kegiatan ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan,
pertambangan, kehutanan
Mengumpulkan Informasi:
§ Mengumpulkan informasi tentang aktivitas penduduk
dalam kegiatan ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan,
pertambangan, kehutanan dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
§ Menganalisis dan menyimpulkan tentang aktivitas penduduk dibidang ekonomi, pertanian,
perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan dari berbagai
sumber.
Mengomunikasikan:
§
Mempresentasikan
hasil simpulan tentang aktivitas penduduk dibidang ekonomi, pertanian,
perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan.
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi, pertanian,
perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan dari berbagai
sumber.
§ Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
20 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema IV : Dinamika
Interaksi Manusia
Subtema A :
Dinamika Interaksi Manusia dengan
Lingkungan
|
|||||
3.2 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat
4.2 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkkungan masyarakat
sekitar
|
§ Dinamika Interaksi Manusia dengan Lingkungan
|
Mengamati :
§
Mengamati gambar aktivitas manusia
yang berdampak terhadap lingkungan alam
Menanya :
§
Menanya tentang dampak aktivitas
manusia terhadap lingkungan
Mengumpulkan Informasi:
§ Mengumpulkan data/ informasi tentang dampak aktivitas manusia
terhadap lingkungan
Menalar/Mengasosiasi:
§ Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang dampak aktivitas manusia
terhadap lingkungan
Mengomunikasikan:
§ Mempresentasikan hasil simpulan tentang dampak aktivitas manusia terhadap
lingkungan
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
Tes
Tertulis/Lisan tentang dampak
aktivitas manusia terhadap lingkungan
§ Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
2 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema IV : Dinamika
Interaksi Manusia
Subtema B : Saling
Keterkaitan antarkelompok Lingkungan
|
|||||
3.3 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya dan ekonomi
4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkkungan masyarakat
sekitar
|
§ Keterkaitan antar komponen lingkungan
|
Mengamati :
§
Mengamati gambar / video tentang
keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
Menanya :
§
Menanya tentang keadaan manusia dan
lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
Mengumpulkan Informasi:
§ Mengumpulkan data/ informasi tentang keadaan manusia dan
lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
Menalar/Mengasosiasi:
§ Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang dampak aktivitas manusia
terhadap lingkungan
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang keadaan
manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
Tes
Tertulis/Lisan tentang keterkaitan
antar komponen lingkungan
§ Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
12 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema IV : Dinamika
Interaksi Manusia
Subtema C : Interaksi
Manusia dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya dan Ekonomi
|
|||||
3.4 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat
4.2 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkkungan masyarakat
sekitar
|
§ Hakekat Interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
|
Mengamati :
§
Mengamati gambar yang berhubungan dengan aktivitas manusia
yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
Menanya :
Menanya tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
Mengumpulkan Informasi:
§ Mengumpulkan informasi/data tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
§ Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi
Mengomunikasikan:
§ Mempresentasikan hasil simpulan informasi tentang aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi.
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
Tes
Tertulis/Lisan tentang hakekat interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya dan ekonomi
§ Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
8 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema IV : Dinamika Interaksi
Manusia
Subtema D : Keragaman
Sosial Budaya sebagai Hasil Dinamika Interaksi Manusia
|
|||||
3.4 Memahami Pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya dan ekonomi
4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat
sekitar
|
§ Hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu
Buddha dan masa Islam
|
Mengamati :
§
Mengamati gambar tentang peninggalan zaman praaksara
Menanya :
§ Menanya tentang
hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Pra aksara, Hindu Buddha dan
masa Islam
Mengumpulkan Informasi:
§ Mengumpulkan informasi/data tentang hasil kebudayaan
masyarakat Indonesia pada masa Pra aksara, Hindu Buddha dan masa Islam dari
berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
§ Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang hasil kebudayaan
masyarakat Indonesia pada masa Pra aksara, Hindu Buddha dan masa Islam
Mengomunikasikan:
§ Mempresentasikan hasil simpulan informasi tentang tentang hasil kebudayaan
masyarakat Indonesia pada masa Pra aksara, Hindu Buddha dan masa Islam
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung
jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
Tes
Tertulis/Lisan t
tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Pra aksara, Hindu
Buddha dan masa Islam
§ Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
8 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Tema IV : Dinamika
Interaksi Manusia
Subtema E : Hasil kebudayaan
Masyarakat Pada Masa Lalu
|
|||||
3.4 Memahami Pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya dan ekonomi
4.4 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkkungan masyarakat
sekitar
|
§ Keragaman suku bangsa, bahasa, budaya, religi
|
Mengamati :
§
Mengamati gambar / video tentang keragaman suku bangsa,
bahasa, budaya dan religi
Menanya :
§
Menanya tentang keragaman suku
bangsa, bahasa, budaya dan religi
Mengumpulkan Informasi:
§
Mengumpulkan informasi/data tentang keragaman suku
bangsa, bahasa, budaya dan religi
Menalar/Mengasosiasi:
§
Menganalisis dan menyimpulkan
data/informasi tentang
keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi
Mengomunikasikan:
§
Mempresentasikan hasil simpulan
informasi tentang
tentang tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi
|
§ Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual
(menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab,
rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§ Pengetahuan :
§
Tes Tertulis/Lisan tentang keragaman suku
bangsa, bahasa, budaya dan religi
§ Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai
proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi
: data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
|
6 JP
|
§
Peta Indonesia
§
Atlas Indonesia
§
Atlas Sejarah
§
Buku
Teks Pelajaran IPS
untuk SMP/MTs kls VII
§
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§
Ensiklopedia Geografi
§
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
§
Media cetak/elektronik
§
Lingkungan sekitar
§
Internet
|
Sampit, Januari 2016
Mengetahui
: Guru Mata Pelajaran IPSKepala SMP Negeri 4 Sampit
ABDURRAHMAN, S.Pd, MM SRI HILDA TRIANA, S.Pd NIP. 196502171990031008 NIP.
198001202007012010
Smoga bermanfaat buat dewan guru yang lagi memerlukan Silabus terbaru Kurikulum 2013 kelas VII....
BalasHapusSilahkan di Copas.....