Rabu, 06 April 2016

Silabus Terbaru Kurikulum 2013 IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 4 Sampit Tahun Pembelajaran 2015/2016

Me In Class
SILABUS
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Satuan Pendidikan       :     SMPN 4 SAMPIT
Kelas      :      VII

Kompetensi Inti         :

KI  1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI  2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, Percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait  fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4.    Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (Menggunakan, mengurai, merangkai, memodifiakasi, dan membuat) dan ranah abstrak (Menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.                          

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala  perubahannya.
1.2      Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat.
1.3      Menghayati  karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan manusia dan lingkungan-nya.

Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4
Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal


2.1  Menunjuk-kan perilaku jujur, gotong royong,  bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu
2.2  Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, terbuka dan kritis terhadap permasalahan sosial sederhana.
2.3  Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai Perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya.





Tema I : Keadaan Alam Dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Subtema A : Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia
3.1      Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

4.1      Menyajikan hasil  pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.

4.2      Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
§  Letak wilayah dan pengaruh nya bagi keadaan alam Indonesia
Mengamati:
§  Mengamati peta letak astronomis dan geografis  Indonesia.

Menanya
§  Merumuskan pertanyaan tentang letak astronomis dan geografis Indonesia

Mengumpulkan informasi
§  Mengumpulkan  informasi untuk menjawab pertanyaan tentang letak astronomis dan geografis.

Menalar / Mengasosiasikan:
§  Menganalisis  keterkaitan antara letak astronomis dan geografis dengan musim dan hubungan dengan negara lain

Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil simpulan tentang kehidupan manusia pada masa praaksara
§  Mempresentasikan hasil simpulan tentang kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha
§  Mempresentasikan hasil simpulan tentang keterkaitan antara daerah hulu dan daerah hilir dalam konteks peristiwa banjir

Sikap :
§  Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, disiplin dan kerjasama) dengan menggunakan rubrik
§  Pengetahuan Tes Tertulis/Lisan tentang : letak astronomis dan geografis Indonesia

Keterampilan :
§  Unjuk Kerja/Praktik
Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses eksplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan/presentasi)
4 JP

§ Peta Letak astronomis dan geografis Indonesia
§ Atlas Indonesia
§ Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VII BSE
§ Ensrklopedia Geografi
§ Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§ Media cetak/elektronik
§ Lingkungan sekitar
§ Internet
Tema I : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Subtema B : Keadaan Alam Indonesia
3.1  Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

4.1  Menyajikan hasil  pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.

4.2  Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik di lingkungan masyarakat sekitar

§  Keadaan Iklim di Indonesia
§  Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk Indonesia
§  Keragaman flora dan fauna di Indonesia
Mengamati:
§  Mengamati suhu udara di suatu tempat yang terjadi sampai siang hari
§  Mengamati peta fisiografis Indonesia, peta sebaran gunung berapi, gambara bencana alam
§  Mengamati keragaman flora dan fauna

Menanyakan:
§  Merumuskan pertanyaan tentang suhu udara terendah dan suhu udara tertinggi
§  Merumuskan pertanyaan tentang kondisi fisiografis di daerahnya, bencana alam yang terjadi di Indonesia, dan gunung berapi yang ada di Indonesia.
§  Merumuskan pertanyaan tentang keragaman flora dan fauna di Indonesia

Mengumpulkan informasi:
§  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang wilayah Indonesia dikaitkan dengan keadaan iklim
§  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang bentuk muka bumi di Indonesia
§  Mengumpulkan informasi tentang bentuk muka bumi di Indonesia dan sebaran flora dan fauna dari berbagai sumber

Menalar / Mengasosiasi:
§  Mengalisis keterkaitan antara keadaan iklim dengan suhu udara
§  Menganalisis bentuk muka bumi dan kaitannya dengan aktivitas penduduk
§  Menganalisis keragaman flora dan fauna di Indonesia

Mengomunikasikan
§  Mempresentasikan hasil  simpulan tentang keadaan iklim di Indonesia
§  Mempresentasikan hasil  analisis data tentang bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indonesia.
§  Mempresentasikan hasil simpulan tentang flora dan fauna di Indonesia
Sikap :
Observasi tentang sikap sporitual (mengahayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama dengan menggunakan rubrik

Pengetahuan :
§  Tes Tertulis/ Lisan tentang iklim di Indonesia, bentuk muka bumi dan aktivitas penduduk Indnesia, keragaman flora dan fauna di Indonesia.

Keterampilan :
§  Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran  (mengamati kegiatan peserta didik dalam  dalam proses.

Eksplorasi :
Data, diskusi, menganalisis data, dan  pembuatan laporan / presentasi.
16  jp
§ Peta Indonesia
§ Atlas Indonesia
§ Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§ Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP / Mts kls VII
§ Ensiklopedia Geografi
§ Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§ Media cetak / elektronik
§ Lingkungan sekitar
§ Internet


Tema I : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
§ Subtema C : Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, Hindu, Buddha, dan Islam
3.2  Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada masa Praakasara, masa Hindu Buddha dan masa Islam dalam  aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik

4.1.Menyajikan hasil  pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.

§  Kehidupan Masyarakat pada Masa Praaksara
§  Kehidupan Masyarakat pada Masa Hindu Buddha
§  Kehidupan Masyarakat pada Masa Islam
§  Konektivitas antarruang dan waktu

Mengamati:
§  Mengamati peta sejarah
§  Mengamati gambar kehidupan manusia Praaksara
§  Mengamati gambar kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha
§  Mengamati gambar kehidupan manusia pada masa Islam
§  Mengamati gambar/video tentang hutan yang gundul di daerah hulu, hujan deras di daerah hilir dan hulu.
Membuang sampah di sembarang tempat di daerah hilir, sungai meluap, dan banjir besar melanda daerah hilir

Menanya:
§  Merumuskan pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa Praaksara
§  Merumuskan pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa Hindu Budha dan hasil budayanya
§  Merumuskan pertanyaan tentang kehidupan manusia pada masa Islam dan hasil budayanya
§  Merumuskan pertanyaan tentang hutan gundul di daerah hulu, hujan deras di daerah hilir dan hulu, membuang sampah disembarang tempat di daerah hiir, sungai meluap, dan banjir besar melanda daerah hilir.

Mengumpulkan:
§  Mengumpulkan inforamsi tentang kehidupan manusia pada masa praaksara dari berbagai referensi.
§  Mengumpulan informasi tentang kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha dari berbagai sumber
§  Mengumpulkan informasi tentang kehidupan manusia pada masa Islam dari berbagai sumber
§  Mengumpulkan informasi tentang konektivitas antarruang dan waktu serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dari berbagai sumber

Menalar / Mengasosiasi:
§  Menganalisis dan menyimpulkan kehidupan manusia praaksara dilihat dari aspek geografis, ekonomis, dan sosial budaya
§  Menganalisis dan menyimpulkan kehidupan manusia pada masa Hindu Buddha dilihat dari aspek geografis, ekonomis, dan sosial budaya
§  Menganalisis dan menyimpulkan kehidupan manusia pada manusia pada masa Islam dilihat dari aspek geografis, ekonomis, dan sosial budaya.
§  Menganalisis dan menyimpulkan keterkaitan antara daerah hulu dan daerah hilir dalam konteks peristiwa banjir

Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil simpulan tentang kehidupan manusia pada masa praaksara
§  Mempresentasikan hasil simpulan tentang kehidupan manusia pada masa Islam
§  Mempresentasikan hasil simpulan tantang keterkaitan antara daerah hulu dan daeah hilir dalam kontesk peristiwa banjir
§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama) dengan menggunakan rubrik

§  Pengetahuan :
Ø  Ter Tertulis/Lisan tentang kehidupan masyarakat masa praaksara, Hindu Buddha, Islam, dan konektivitas antarruang dan waktu
Ø  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)


12 JP

§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§  Internet
Tema II : Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema A : Asal Usul Penduduk Indonesia
3.1  Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat

4.1  Menyajikan hasil  pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.

4.2  Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politk dil lingkungan masyarakat sekitar



§  Asal Usul Penduduk Indonesia
Mengamati :
§  Mengamati Peta perjalanan nenek moyang Indonesia



Menanya :
§  Merumuskan pertanyaan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dan ras dari penduduk

Mengumpulkan  Informasi:
§  Mengumpulkan informasi tentang asal usul nenek moyang Indonesia dari berbagai referensi

Menalar/Mengasosiasi:
§  Menganalisis  informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil analisis data tentang asal usul nenek moyang bangasa Indnesia.

§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati karunia Tuhan,menghayati ajaran agama), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik

§  Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia

§  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)

4 JP

§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§ Internet
Tema II : Keadaan Penduudk Indonsia
Subtema B : Karakteristik Penduduk Indonesia
3.1  Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat

4.1  Menyajikan hasil  pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.

4.2  Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politk dil lingkungan masyarakat sekitar
§  Jumlah dan Kepadatan Penduduk Indonesia
§  Komposisi Penduduk
Mengamati :
§  Mengamati gambar-gambar tentang jumlah penduduk dan luas wilayah masing-masing provinsi di Indonesia
§  Mengamati tabel tentang pendidikan, agama, bidang usaha penduduk Indonsia

Menanya :
§  Menanya tentang jumlah penduduk yang terpadat atau yang terjarang di Indonesia
§  Menanya tentang pendidikan rata-rata dari tabel data pendidikan, agama yang dianut di daerahnya, bidang usaha yang banyak dilakukan, dan wilyah desa dan kota

Mengumpulkan  Informasi:
§  Mengumpulkan informasi tentang keadaan penduduk di Indonesia
§  Mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber tentang keadaan penduduk di suatu wilayah

Menalar/Mengasosiasi:
§  Menganalisis dan menyimpulkan tentang keadaan penduduk Indonesia dilihat dari jumlah dan kepadatannya.
§  Menganalisis dan menyimpulkan tentang penduduk Indonesia dilihat dari komposisinya melalui kegitan curah pendapat.

Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil analisis data tentang keadaan penduduk di Indonesia
§  Mempresentasikan hasil analisis data tentang keadaan penduduk Indonesia dilihat dari komposisinya

§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik

§  Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang kepadatan dan komposisi penduduk Indonesia

§  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)

14 JP

§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§ Internet
Tema II : Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema C : Mobilitas Penduduk Antarwilayah di Indonesia dan Fasilitas Pendukungnya
3.1  Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat

4.1  Menyajikan hasil  pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.

4.2  Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politk dil lingkungan masyarakat sekitar
§  Mobilitas Penduduk Antarwilayah Indonesia
§  Fasilitas Pendukung terjadinya Mobilitas penduduk Indonesia
Mengamati :
§  Mengamati gambar-gambar tentang kegiatan ekonomi di kota dan pemukiman penduduk di desa

Menanya :
§  Menanya faktor penyebab terjadinya mobilitas penduduk dari desa ke kota, cara melakukan mobilitas, dan tujuan dari mobilitas

Mengumpulkan  Informasi:
§  Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang mobilitas  penduduk dan fasilitas pendukungnya

Menalar/Mengasosiasi:
§  Menganalisis dan menyimpulkan tentang  mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya
Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil analisis data tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya

§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik

§  Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya.

§  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)

8 JP

§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§ Internet
Tema II : Keadaan Penduduk Indonesia
Subtema D : Pengertian dan Jenis Lembaga Sosial
3.1  Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
4.1  Menyajikan hasil  pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.

4.2  Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politk dil lingkungan masyarakat sekitar
§  Lembaga Sosial dan jenis-jenisnya
Mengamati :
§  Mengamati gambar-gambar tentang aktivitas penduduk dalam memenuhi kebutuhan, gambar partai politik, kegitan ekonomi, lembaga pendidikan, dan keluarga

Menanya :
§  Menanya tentang pengertian lembaga sosial dan jenis-jenisnya

Mengumpulkan  Informasi:
§  Mengumpulkan data/ informasi dari berbagai sumber tentang jenis lembaga sosial

Menalar/Mengasosiasi:
§  Menganalisis dan menyimpulkan lembaga sosial dan perannya bagi masyarakat

Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil analisis data tentang Jenis-jenis lembaga sosial dan perannya bagi masyarakat

§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik

§  Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya.

§  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)

10 JP

§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§ Internet
Tema III : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Subtema A : Pengertian dan Pengelompokkan Sumber Daya Alam
3.1  Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).


4.1  Menyajikan hasil  pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
§  Pengertian dan Pengelompokkan sumber daya alam
Mengamati :
§  Mengamati gambar pemandangan alam salam satu daerah di Indonesia

Menanya :
§  Menanya tentang  ketersediaan sumber daya alam yang ada

Mengumpulkan  Informasi:
§  Mengumpulkan data/ informasi dari berbagai sumber tentang jenis lembaga sosial
Menalar/Mengasosiasi:
§  Menganalisis dan menyimpulkan tentang potensi sumber daya alam daerah masing-masing dan manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya
Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil analisis data tentang potensi sumber daya alam dan manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya

§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik


§  Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang Pengertian dan pengelompokkan sumber daya alam.

§  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)

8 JP
§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§  Internet
Tema III : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Subtema B : Potensi dan sebaran sumber daya alam Indonesia
3.1  Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

4.1  Menyajikan hasil  pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
§  Potensi sumber daya udara
§  Potensi Sumber daya tanah
§  Potensi Sumber daya air
§  Potensi Sumber daya hutan
§  Potensi Sumber daya tambang
§  Potensi dan sebaran Sumber daya laut
Mengamati :
§  Mengamati suhu udara
§  Mengamati peta sebaran tanah
§  Mengamati peta sebaran sungai dan danau
§  Mengamati potensi hutan yang ada di daerah masing-masing
§  Mengamati sumber daya laut

Menanya :
§  Menanya tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sebaran sumber daya laut

Mengumpulkan  Informasi:
§  Mengumpulkan  informasi tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah setempat

Menalar/Mengasosiasi:
§  Menganalisis dan menyimpulkan tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah setempat

Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil simpulan tentang sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah setempat

§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik

§  Pengetahuan :
§  Tes Tertulis/Lisan tentang potensi sumber daya udara, tanah, air, hutan, tambang dan sumber daya laut di daerah setempat

§  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)

18 JP
§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§  Internet
Tema III : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Subtema C : Kegiatan ekonomi dan pemanfaatan potensi sumber daya alam
3.1  Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik).

4.1  Menyajikan hasil  pengamatan tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa Buddha dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
§  Kegitan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi)
§  Pemanfaatan sumber daya alam
Mengamati :
§  Mengamati gambar tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan

Menanya :
§  Menanya tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan



Mengumpulkan  Informasi:
§  Mengumpulkan  informasi tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan dari berbagai sumber

Menalar/Mengasosiasi:
§  Menganalisis dan menyimpulkan tentang aktivitas penduduk dibidang ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan dari berbagai sumber.

Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil simpulan tentang aktivitas penduduk dibidang ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan.
§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik

§  Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang aktivitas penduduk dalam kegiatan ekonomi, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pertambangan, kehutanan dari berbagai sumber.

§  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)

20 JP
§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§  Internet
Tema IV : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema A : Dinamika  Interaksi Manusia dengan Lingkungan
3.2  Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat

4.2  Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkkungan masyarakat sekitar
§  Dinamika Interaksi Manusia dengan Lingkungan
Mengamati :
§  Mengamati gambar aktivitas manusia yang berdampak terhadap lingkungan alam

Menanya :
§  Menanya tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan


Mengumpulkan  Informasi:
§  Mengumpulkan data/ informasi tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan

Menalar/Mengasosiasi:
§  Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan

Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil simpulan tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan
§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§  Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan

§  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
2 JP
§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§  Internet
Tema IV : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema B : Saling Keterkaitan antarkelompok Lingkungan
3.3  Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

4.3  Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkkungan masyarakat sekitar
§  Keterkaitan antar komponen lingkungan
Mengamati :
§  Mengamati gambar / video tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern

Menanya :
§  Menanya tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
Mengumpulkan  Informasi:
§  Mengumpulkan data/ informasi tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
Menalar/Mengasosiasi:
§  Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan

Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil simpulan tentang keadaan manusia dan lingkungan pada masyarakat tradisional dan modern
§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik
§  Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang keterkaitan antar komponen lingkungan
§  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
12 JP
§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§  Internet
Tema IV : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema C : Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam, Sosial, Budaya dan Ekonomi
3.4  Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat

4.2  Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkkungan masyarakat sekitar
§  Hakekat Interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
Mengamati :
§  Mengamati gambar  yang berhubungan dengan aktivitas manusia yang berdampak pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

Menanya :
Menanya tentang aktivitas  manusia  yang berdampak  pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

Mengumpulkan  Informasi:
§  Mengumpulkan  informasi/data tentang aktivitas  manusia  yang berdampak  pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi  dari berbagai sumber



Menalar/Mengasosiasi:
§  Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang aktivitas  manusia  yang berdampak  pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil simpulan informasi tentang aktivitas  manusia  yang berdampak  pada lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik

§  Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan tentang hakekat  interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi



§  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
8 JP
§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§  Internet
Tema IV : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema D : Keragaman Sosial Budaya sebagai Hasil Dinamika Interaksi Manusia
3.4  Memahami Pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

4.3  Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
§  Hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Praaksara, masa Hindu Buddha dan masa Islam
Mengamati :
§  Mengamati gambar  tentang peninggalan zaman praaksara

Menanya :
§  Menanya tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Pra aksara, Hindu Buddha dan masa Islam  

Mengumpulkan  Informasi:
§  Mengumpulkan  informasi/data tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Pra aksara, Hindu Buddha dan masa Islam dari berbagai sumber

Menalar/Mengasosiasi:
§  Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Pra aksara, Hindu Buddha dan masa Islam

Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil simpulan informasi tentang tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Pra aksara, Hindu Buddha dan masa Islam
§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik

§  Pengetahuan :
Tes Tertulis/Lisan t tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Pra aksara, Hindu Buddha dan masa Islam

§  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
8 JP
§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§  Internet
Tema IV : Dinamika Interaksi Manusia
Subtema E : Hasil kebudayaan Masyarakat Pada Masa Lalu
3.4  Memahami Pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

4.4  Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkkungan masyarakat sekitar
§  Keragaman suku bangsa, bahasa, budaya, religi
Mengamati :
§  Mengamati gambar  / video tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi

Menanya :
§  Menanya tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi
  

Mengumpulkan  Informasi:
§  Mengumpulkan  informasi/data tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi

Menalar/Mengasosiasi:
§  Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi

Mengomunikasikan:
§  Mempresentasikan hasil simpulan informasi tentang tentang tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi

§  Sikap :
Observasi tentang sikap spiritual (menghayati ajaran agama, menghayati karunia tuhan), sikap sosial (tanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli) dengan menggunakan rubrik

§  Pengetahuan :
§  Tes Tertulis/Lisan tentang keragaman suku bangsa, bahasa, budaya dan religi

§  Keterampilan :
Unjuk Kerja/Praktik Menilai proses pembelajaran (mengamati kegiatan peserta didik dalam proses ekplorasi : data, diskusi, menganalisis data, dan pembuatan laporan / presentasi)
6 JP
§  Peta Indonesia
§  Atlas Indonesia
§  Atlas Sejarah
§  Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/MTs kls VII
§  Ensiklopedia Geografi
§  Buku-buku dan referensi lain yang relevan
§  Media cetak/elektronik
§  Lingkungan sekitar
§  Internet

                                                                                                                                                                                                                                                                                              Sampit,     Januari 2016
          Mengetahui :                                                                                           Guru Mata Pelajaran IPSKepala SMP Negeri 4 Sampit



ABDURRAHMAN, S.Pd, MM                                                                        SRI HILDA TRIANA, S.Pd   NIP. 196502171990031008                                                                               NIP. 198001202007012010


1 komentar:

  1. Smoga bermanfaat buat dewan guru yang lagi memerlukan Silabus terbaru Kurikulum 2013 kelas VII....
    Silahkan di Copas.....

    BalasHapus

Ads Inside Post

Comments system

Disqus Shortname

Flickr User ID