Me n my student |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 4 Sampit
Kelas / Semester :
VII / I
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Tema : 3. Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Sub tema : 3.1.
Pengertian dan Pengelompokkan Sumber Daya Alam
Alokasi Waktu : 8
JP
A.
Kompetensi Inti ( KI )
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1. Menghargai Tuhan YME yang telah menciptakan
waktu dengan segala Perubahannya
|
1.1.1
Berdoa
Sebelum dan sesudah kegiatan Pembelajaran.
1.1.2
Menghayati
ajaran agama, menghayati karunia Tuhan.
|
2.
|
2.2.
Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, terbuka dan kritis terhadap permasalah-an
sosial sederhana.
|
2.2.1
Menghargai
dan menghormati sesama
2.2.2
Menjaga
kebersihan lingkungan kelas dan lingkungan tempat tinggal
2.2.3
Memelihara
hubungan baik dengan teman sekelas.
|
3.
|
3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan
waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan
manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
|
3.1.1
Mengamati
gambar pemandangan alam salah satu daerah di Indonesia
3.1.2
Mengamati
sumber daya alam yang terdapat di daerah tersebut
|
4.
|
4.2 Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil
hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada masa praaksara, masa
Hindu-Buddha, dan masa Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan
politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang.
|
4.2.1
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang
pengertian dan pengelompokkan sumber daya alam
4.2.2
Menganalisis hasil analisis data tenang potensi sumber daya
alam dan manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
4.2.3
Mempresentasikan hasil analisis data tentang potensi sumber
daya alam dan manfaatnya bagi kehidupan ekonomi, sosial dan budaya
|
C. Materi Ajar
Pengertian dan Pengelom-pokan sumber
daya alam
Pengayaan : Pengertian dan
pengelompokkan sumber daya alam
Remedial : Pengertian dan pengelompokkan sumber daya
alam
D.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Metode : Tanya Jawab, diskusi
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
1. Pertemuan
pertama (2 JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
1)
Guru
memberi salam
2)
Guru
bersama peserta didik Hormat bendera
3)
Guru
dan peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya
4)
Guru
dan peserta didik membaca Doa mengawali pembelajaran
5)
Guru
mengecek kehadiran siswa
6)
Guru
menanyakan apakah peserta didik sudah membaca materi yang akan dipelajari dan
memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang akan dipelajari
7)
Peserta
didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru
8)
Peserta
didik dibagi menjadi 9 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
b. Kegiatan Inti
1.
Mengamati
a. Peserta
didik mengamati gambar pemandangan alam salah satu daerah di Indonesia
b. Berdasarkan hasil pengamatan
pemandangan alam salah satu daerah di Indonesia peserta didik mendiskusikan
didalam kelompok tentang hal-hal yang ingin diketahui, misalnya tentang pemandangan
alam salah satu daerah di Indonesia.
c. Peserta didik diajak menyeleksi apakah
hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika
belum dengan panduan guru peserta didik diminta untuk memperbaiki.
d. Jika hal-hal yang ingin diketahui dari
hasil pengamatan masih ada yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran maka,
guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran.
2. Menanya
a) Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan pertanyaan
berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari gambar. Pertanyaan diarahkan pada
hal-hal yang substantif terkait dengan tujuan pembelajaran. Contoh :
bagaimanakah ketersediaan sumber daya alam di Indonesia
b) Satu diantara peserta didik dari wakil kelompok menuliskan rumusan
pertanyaan di papan tulis.
c) Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab sesuai
dengan apa yang diketahuinya.
3. Mengumpulkan Data (Informasi)
Setiap peserta didik bersama
kelopok tentang ketersediaan sumber daya
alam yang ada di Indonesia. Misalnya : membaca buku siswa, mencari buku di
perpustakaan.
4. Menalar/Mengasosiasikan
a. Setiap peserta didik mengolah dan mengalisis data atau informasi
yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang
telah dirumuskan.
b. Setiap peserta didik menyampaikan kepada anggota dikelompoknya
terkait dengan jawaban atas pertanyaan yang ditugaskan.
c. Secara bersama-sama peserta didik merumuskan secara tertulis
jawaban dari hasil diskusi kelompok.
5. Mengkomunikasikan
a. Dipilih secara acak satu kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang pengertian sumber daya alam.
b.
Kelompok lain memberikan tanggapan atas hasil kesimpulan kelompok yang
presentasi
c. Peserta didik bersama guru mengambil
kesimpulan atas jawaban dari pertanyaan.
c. Kegiatan Penutup
1)
Peserta didik diberi pertanyaan lisan
2)
Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi
3)
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan norma.
2. Pertemuan
Kedua (2 JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
1)
Guru
memberi salam
2)
Guru
mengecek kehadiran siswa
3)
Guru
menanyakan apakah peserta didik masih
ingat dengan materi sebelumnya tentang “Pengertian sumber daya alam”
4)
Peserta
didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru
5)
Peserta
didik bergabung dengan kelompoknya masing-masing, yang sudah dibentuk pada
pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
1.
Mengamati
a. Peserta
didik mengamati gambar sumber daya alam di Indonesia
b. Berdasarkan hasil pengamatan gambar
sumber daya alam peserta didik mendiskusikan didalam kelompok tentang hal-hal
yang ingin diketahui, misalnya tentang tumbuhan, bahan tambang yang ada pada
gambar tersebut.
c. Peserta didik diajak menyeleksi apakah
hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika
belum dengan panduan guru peserta didik diminta untuk memperbaiki.
d. Jika hal-hal yang ingin diketahui dari
hasil pengamatan masih ada yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran maka,
guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran.
2. Menanya
a) Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan
pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari gambar. Pertanyaan
diarahkan pada hal-hal yang substantif terkait dengan tujuan pembelajaran.
Contoh : Pengelompokkan sumber daya alam
b) Satu diantara peserta didik dari wakil kelompok menuliskan rumusan
pertanyaan di papan tulis.
c) Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab sesuai
dengan apa yang diketahuinya.
3. Mengumpulkan Data (Informasi)
Setiap peserta didik bersama
kelopok tentang ketersediaan sumber daya
alam yang ada di Indonesia. Misalnya : membaca buku siswa, mencari buku di
perpustakaan.
4. Menalar/Mengasosiasikan
a. Setiap peserta didik mengolah dan mengalisis data atau informasi
yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang
telah dirumuskan.
b. Setiap peserta didik menyampaikan kepada anggota dikelompoknya
terkait dengan jawaban atas pertanyaan yang ditugaskan.
c. Secara bersama-sama peserta didik merumuskan secara tertulis
jawaban dari hasil diskusi kelompok.
5. Mengkomunikasikan
a. Dipilih secara acak satu kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang pengertian sumber daya alam.
b.
Kelompok lain memberikan tanggapan atas hasil kesimpulan kelompok yang
presentasi
c. Peserta didik bersama guru mengambil
kesimpulan atas jawaban dari pertanyaan.
c. Kegiatan Penutup
1)
Peserta didik diberi pertanyaan lisan
2)
Peserta didik melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran terkait dengan
penguasaan materi
3)
Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan norma.
4)
Penutup pembelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing
3. Pertemuan
Ketiga (2 JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
1)
Guru
memberi salam
2)
Guru
mengecek kehadiran siswa
3)
Guru
menanyakan apakah peserta didik masih
ingat dengan materi sebelumnya tentang “Pengertian sumber daya alam”
4)
Peserta
didik menerima informasi tentang topik dan tujuan pembelajaran dari guru
5)
Peserta
didik bergabung dengan kelompoknya masing-masing, yang sudah dibentuk pada
pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
1.
Mengamati
a. Peserta
didik mengamati gambar sumber daya alam di Indonesia
b. Berdasarkan hasil pengamatan gambar
sumber daya alam peserta didik mendiskusikan didalam kelompok tentang hal-hal
yang ingin diketahui, misalnya tentang sumber daya organik dan non organik yang
ada pada gambar tersebut.
c. Peserta didik diajak menyeleksi apakah
hal-hal yang ingin diketahui sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, jika
belum dengan panduan guru peserta didik diminta untuk memperbaiki.
d. Jika hal-hal yang ingin diketahui dari
hasil pengamatan masih ada yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran maka,
guru dapat menambahkan hal-hal yang terkait dengan tujuan pembelajaran.
2. Menanya
a) Peserta didik mendiskusikan dalam kelompok untuk merumuskan
pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari gambar. Pertanyaan
diarahkan pada hal-hal yang substantif terkait dengan tujuan pembelajaran.
Contoh : Pengelompokkan sumber daya alam
b) Satu diantara peserta didik dari wakil kelompok menuliskan rumusan
pertanyaan di papan tulis.
c) Peserta didik mendiskusikan dengan kelompok untuk menjawab sesuai
dengan apa yang diketahuinya.
3. Mengumpulkan Data (Informasi)
Setiap peserta didik bersama
kelopok tentang ketersediaan sumber daya
alam yang ada di Indonesia. Misalnya : membaca buku siswa, mencari buku di
perpustakaan.
4. Menalar/Mengasosiasikan
a. Setiap peserta didik mengolah dan mengalisis data atau informasi
yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang
telah dirumuskan.
b. Setiap peserta didik menyampaikan kepada anggota dikelompoknya
terkait dengan jawaban atas pertanyaan yang ditugaskan.
c. Secara bersama-sama peserta didik merumuskan secara tertulis
jawaban dari hasil diskusi kelompok.
5. Mengkomunikasikan
a. Dipilih secara acak satu kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusi
H. Penilaian.
1. Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian : Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
c. Kisi-kisi
No.
|
Butir Nilai (Sikap)
|
Indikator
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1
|
Menghargai karunia Tuhan YME
yang telah menciptakan Manusia dan Lingkungannya
|
Mengucapkan rasa syukur atas
sumber daya alam yang tersedia di Indonesia
|
1
|
Bersemangat dalam
mengikuti proses pembelajaran tentang pengertian dan pengelompokkan sumber
daya alam
|
1
|
a.
Instrumen
: Lihat Lampiran
b.
Petunjuk
Penentuan Nilai : Lihat lampiran
1.
Sikap
sosial
a. Teknik Penilaian : Observasi
b.Bentuk Instrumen : Lembar observasi
c. Kisi-kisi
No.
|
Butir Nilai (Sikap)
|
Indikator
|
Jumlah Butir Instrumen
|
1
|
Menunjukkan perilaku santun
dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
Tidak menyela pembicaraan
guru/teman disaat yang tidak tepat
|
1
|
|
Berbicara dengan tutur kata
yang halus
|
1
|
|
2
|
Menunjukkan perilaku peduli
dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
Membantu teman yang kesulitan
menyelesaikan tugas pembelajaran
|
1
|
2.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian :
1)
Tes : Tulis
2)
Non
tes : Penugasan Kelompok
b.
Bentuk
Instrumen
1)
Soal
tes tuli uraian dan pilihan ganda
2)
Proyek
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Instrumen Penilaian
|
1
|
Peserta didik dapat menjelaskan
tentang pengertian sumber daya alam
|
Pengertian sumber daya alam
|
1
|
2
|
Peserta didik dapat menjelaskan
manfaat potensi sumber daya air
|
Jelaskan pengelompokkan sumber
daya alam
|
1
|
Instrumen
lihat Lampiran 3
3.
Keterampilan
a. Teknik :
Observasi
b. Bentuk Instrumen : Check list
c. Kisi-kisi
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Memaparkan hasil analisis
tentang manfaat sumber daya alam
|
1
|
2.
|
Mengelompokkan sumber daya alam
di Indonesia
|
2
|
Instrumen :
lihat Lampiran 4
No.
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Instrumen
|
1.
|
Melalui kegiatan presentasi,
peserta didik dapat memaparkan hasil analisis keterkaitan antar ruang, antar
waktu, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia
|
Penugasan
Kelompok
|
Paparkan hasil analisis
keterkaitan antarruang, antarwaktu, dan pengaruhnya terhadap kehidupan
manusia.
|
Lembar penilaian kegiatan
presentasi (terlampir pada lampiran 1)
|
2.
|
Melalui kegiatan curah pendapat
secara kelompok, peserta didik dapat merancang kegiatan dengan tema “Manfaat
Potensi Sumber Daya Air”
|
Penugasan
Kelompok
|
Buatlah rancangan kegiatan
|
Lembar penilaian tugas
(terlampir pada lampiran-2)
|
Sampit, Januari 2016
Mengetahui :
Kepala SMPN 4 Sampit Guru
Mata Pelajaran IPS
ABDURRAHMAN, S.Pd, M.M SRI
HILDA TRIANA, S.Pd
Nip.
19650217 19903 1 008 Nip.
19800120 200701 2 010
The Best Casinos In Houston, TX
BalasHapusBest Casinos 광주광역 출장안마 Near Houston, TX · 구미 출장안마 Tropicana. 7.7/10 · Tropicana Casino. 7.6/10 · Harrah's 순천 출장안마 Gulf Coast. 7.4/10 · 오산 출장안마 Casino. 7.5/10 · Caesars 인천광역 출장샵